Waspadai 3 Hal Sepele Ini Dapat Menyebabkan Kebakaran

Siapa yang ingin rumahnya dilalap oleh Si Jago Merah? Selain dapat menyebabkan kerugian materil ratusan juta hingga miliaran, kebakaran juga dapat membumihanguskan surat-surat penting: ijazah, akte kelahiran hingga paspor. Untuk itu, menjaga rumah dari musibah cukup besar ini patut kita cermati. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa perilaku mereka ternyata dapat mengundang kebakaran. Sepele sebenarnya, tetapi dapat berakibat fatal. Berikut 5 hal sepela yang dapat menyebabkan kebakaran rumah.

1. Lupa Mematikan Kompor

Masak air tentu salah satu kegiatan yang sering kita lakukan. Entah itu untuk mengisi termos, menyeduh kopi atau untuk mandi. Namun, banyak dari kita yang sering lupa kalau kita sedang memasak air. Tahu-tahu, airnya sudah kering dan gosong. Kalau sedang sadar, misalnya kita mencium bau gosong, tentu kita masih bisa menanggulangi. Tapi kalau sudah akut bahkan si pemilik sampai keluar rumah, hal ini bisa menyebabkan kebakaran.

2. Beban Terlalu Banyak di Colokan Listrik

Kita tentu sering menggunakan colokan listrik cabang tiga di rumah kita. Nah, colokan ini sering kita isi semua. Ada yang buat TV, ada yang buat ngecas, atau untuk menyalahkan kulkas. Tahukan kamu kalau beban terlalu besar dapat menyebabkan konslet. Nah, yang berbahaya kalau ada arus pendek. Bisa-bisa rumah kita langung dilalap Si Jago Merah. Lebih aman, kamu tidak membebankan satu colokan listrik untuk beberapa peralatan. Kalai mau aman, pakainya colokan yang ada stop kontaknya sehingga kalau ke luar rumah, kamu dapat mematikan stop kontak tersebut.

3. Membuang Puntung Rokok Sembarangan

Selain dapat menyebabkan masalah kesehatan, ternyata rokok dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dan instan: kebakaran. Bayangkan jika rokok tak sengaja terbuang di tempat sampah yang berisi benda kering atau kertas yang mudah terbakar. Atau, tidak sengaja rokok jatuh ke benda yang memang sangat mudah merembet dan langsung menjalar ke seluruh rumah. Untuk itu, kalau memang kamu perokok, lebih baik membuat rokok ke tempatnya seperti asbak. Dan jangan lupa, pastikan rokok itu sudah mati sebelum dibuang.

Bagikan halaman ini